Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Pesan Sosial Dari Iklan Layanan Masyarakat Melalui Radio Dan Televisi

Pentingnya Pesan Sosial Dari Iklan Layanan Masyarakat Melalui Radio Dan Televisi

Iklan layanan masyarakat sering kali kita temukan di media penyiaran, yaitu radio dan televisi. Salah satu bentuk media massa yang menyampaikan dan menyebarkan pesan serta informasinya dalam bentuk siaran.

Kedua media ini memegang peranan yang sangat penting dalam ilmu komunikasi pada umumnya dan khususnya ilmu komunikasi massa.

Radio dan televisi menyajikan sebuah iklan yang memiliki pesan-pesan sosial dengan bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat dan menggerakkan solidaritas dalam menghadapi suatu masalah sosial.

Pesan sosial ini disampaikan secara sosiologis dapat diterima masyarakat. Kemudian pesan sosiologis ini diterapkan pada iklan layanan masyarakat (ILM) untuk menyampaikan pesan sosial, memiliki peran yang penting bagi terciptanya kesadaran masyarakat.

Menurut beberapa ahli, pengertian iklan layanan masyarakat adalah sebagai berikut:
(Dikutip dari: Iklan layanan masyarakat. https://id.wikipedia.org/wiki/Iklan_layanan_masyarakat. Diakses pada 16 April 2022)

- Kasali. Public Service Announcement atau Iklan Layanan Masyarakat adalah permintaan penyiaran yang dikeluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah secara langsung sebagai solidaritas terhadap masalah masyarakat. Contohnya yaitu program pemerintah, ketertiban lalu lintas, dan informasi penting lainnya.

- Liliweri. Pengertian iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bersifat non-profit, maka iklan seperti ini tidak mencari keuntungan setelah pemasangan informasi kepada masyarakat secara global.

- Susamto. Iklan layanan masyarakat adalah media informasi mengenai setiap layanan masyarakat, penyebaran informasi tidak melalui pembelian ruang dan waktu, setiap iklan yang disiarkan mengenai pelayanan masyarakat dilaksanakan berdasar kegiatan non-profit (tidak mengejar keuntungan).
"Siaran iklan layanan masyarakat adalah siaran iklan nonkomersial yang disiarkan melalui penyiaran radio atau televisi dengan tujuan memperkenalkan, memasyarakatkan, dan/atau mempromosikan gagasan, cita-cita, anjuran, dan/atau pesan-pesan lainnya kepada masyarakat untuk mempengaruhi khalayak agar berbuat dan/atau bertingkah laku sesuai dengan pesan iklan tersebut." 
(Dikutip dari: Pedoman Perilaku Penyiaran oleh Komisi Penyiaran Indonesia. https://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Perilaku_Penyiaran_oleh_Komisi_Penyiaran_Indonesia. Diakses pada 16 April 2022).

Baca juga : Perbedaan Siaran Karya Artistik Dan Karya Jurnalistik

Dalam hal ini, lembaga penyiaran memiliki kewajiban untuk menyiarkan siaran iklan layanan masyarakat tersebut. Menyampaikan informasi, mempersuasi, atau mendidik khalayak dimana tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.

Keuntungan sosial yang dimaksud adalah munculnya penambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap pesan yang diiklankan, serta mendapatkan citra baik di mata masyarakat.

Contoh iklan ini misalnya iklan keluarga berencana, tertib berlalu lintas, hemat energi, menjaga lingkungan, iklan pemilihan umum, iklan kesehatan dan lain sebagainya. Iklan layanan masyarakat ini meningkatkan kesadaran masyarakat akan sebuah isu yang terjadi dan harus ditanggulangi.

Oleh sebab itu, iklan layanan masyarakat (ILM) begitu penting bagi pemerintah maupun masyarakat melalui media penyiaran, yaitu radio dan televisi. Semakin sering iklan tersebut disiarkan, semakin tinggi pula kesan ingatan yang terbentuk pada khalayak media.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi:
  1. Manfaat Iklan Layanan Masyarakat dan Isinya. https://www.kompas.com/skola/read/2020/06/19/131721069/manfaat-iklan-layanan-masyarakat-dan-isinya. Diakses pada 16 April 2022.
  2. Nasrullah, Rulli. 2019. Teori Dan Riset Khalayak Media. Jakarta: PrenadaMedia Group,


Post a Comment for "Pentingnya Pesan Sosial Dari Iklan Layanan Masyarakat Melalui Radio Dan Televisi"